Selasa, 20 Desember 2011

RPP Bahasa Inggris SMA Kls XI Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran             :  Bahasa Inggris
Kelas/Semeste r           :  XI/1
Materi Pokok                :  Report
Pertemuan Ke             :  1 s.d. 6
Alokasi Waktu             :  12 x 45 menit

Standar Kompetensi :
Mendengarkan
1.     Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2.     Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
3.     Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
4.     Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Membaca
5.     Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Menulis
6.     Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar :
Mendengarkan
1.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas.
2.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
2.2   Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition.
Berbicara
3.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas.
4.1   Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4.2   Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition.
Membaca
5.1   Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
5.2   Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition


Menulis
6.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari
6.2   Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition

Indikator :
Mendengarkan
-    Merespons ungkapan menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan  tidak puas
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Berbicara
-    Mengungkapkan menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
-    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Membaca
-    Merespon makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Menulis
-    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition.

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada unit di siswa diharapkan dapat:
-    Merespons ungkapan menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Mengungkapkan menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
-    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Merespon makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition.

B. Materi Pelajaran
Listening    :    Mendengarkan teks report
                      Merespons Expressing Opinion
Speaking   :    Expressing Opinion
Reading     :    a report text
Writing       :    Report
Grammar   :    Comparative and Superlative Adjectives


Comparative adjective
It indicate that something has more quality than something else. After comparative we use than. We must consider these rules:
1.  We use -er for comparative of short adjective and adverbs.
2.  We prefer -er with some two -syllable adjective, especially adjectives ending in-y for example:
3.  We use more ... (not -er) for other two syllable adjectives and longer
4.  Before the comparative of adjective and adverb you can use: a bit, a little, much, a lot
Example: - Any works a lot (or much) harder than most of her friends.
Superlative adjectives
It indicate that something has more quality than anything of its kind. There are some rules:
1.  We use -est or most ... to form the superlative of adjectives and adverbs. In general. We use -est for shorter words and most longer words.
2.  Oldest and eldest
3.  After superlatives, we use in which places. (towns, building, etc)

C. Alat dan Sumber Belajar :
1.  Alat : -
2.  Sumber belajar : Buku paket dan Grammar in use

D. Strategi Pembelajaran :
1.  Strategi        : Cooperative Learning
2.  Pendekatan : Konsep
3.  Metode        : Kombinasi ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas berserta inkuiri

E. Skenario Pembelajaran :
1.  Kegiatan awal
     a.  Apersepsi : Siswa diingatkan tentang bagaimana cara menyatakan melaporkan sebuah kejadian,
     tentang benda atau suatu hal dengan cara yang tepat, bagaimana mengungkapkan tindak
     tutur tertentu, mengungkapkannya dalam bahasa lisan dan tertulis
b.  Motivasi : Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa
     dalam memahami teks lisan dan tertulis
2.  Kegiatan inti
a.  Dengan praktik di laboratorium bahasa dan berdiskusi, siswa diajak memahami teks lisan fungsional,   ungkapan sederhana yang melibatkan tindak tutur dan teks fungsional serta genre report
b.  Dengan praktik dan diulas oleh guru siswa mengungkapkan makna bahasa lisan dan tertulis dalam percakapan atau monolog
c.  Dengan berdiskusi siswa diajak memahami dan menjelaskan tentang teks fungsional dan genre tertentu yang dipelajari
d.  Siswa berlatih soal-soal/uji kompetensi
3.  Kegiatan akhir
a.  Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
b.  Siswa dan guru melakukan refleksi
c.  Guru memberikan tugas/PR

F.  Penilaian :
1.  Teknik/jenis : Kuis dan tugas individu
2.  Bentuk : Pertanyaan lisan dan tes tertulis (pilihan ganda atau uraian)
3.  Soal/instrumen :

     1.  Who announces the advertisement?  
          a. The Embassy of India.                         c. The Indonesian Embassy.                  e. The American Council.
          b. The British Council.                  d. The newspaper.
     2.  Who are invited in that ceremony?
          a. All the people of Indonesia.
          b. All Indian Nationals and Persons of Indian origin.
          c. All the Embassy’s staffs.
          d. The government of India.
          e. The ministers of education.

    3.  The ceremony is for celebrating the ... Independence Day of India.
         a. 50th                 b. 60th               c. 70th                                     d. 80th               e. 90th
    4.  Mitha : What do you think about going to the zoo next week?
         Salsa : It's a good idea. Let's ask the other too.
         The bold italicized words above expressing ....
         a. advice             b. pleasure        c. asking opinion           d. request          e. relief
   5.  Winda : What do you think of this scarf?
       Ajeng : ..... The color is suit on you.
       a. It's bad.                                                              d. Don't wear it!
       b. To my opinion it's good.                                       e. I think you should find the other one.
       c. I don't like it.


Pedoman penskoraan: masing-masing soal jika dijawab benar dengan proses yang benar mendapat skor 10. Jika jawaban belum lengkap skor ditentukan sampai sejauh mana proses dikerjakan. Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 sebagai berikut :

Nilai akhir = Perolehan skor  X 100
                                50




Mengetahui,                                                                                          Depok, …………………….2011
Kepala Sekolah                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Agus, S.P, M.Si                                                                                                Nofi Rusmiyanti, S.Pd



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran             :  Bahasa Inggris
Kelas/Semeste r           :  XI/1
Materi Pokok                :  Report
Pertemuan Ke             :  7  s.d. 12
Alokasi Waktu             :  12 x 45 menit

Standar Kompetensi :
Mendengarkan
1.     Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.     Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
3.     Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.     Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
Membaca
5.     Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Menulis
6.     Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar :
Mendengarkan
1.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
2.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
2.2   Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition.
Berbicara
3.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
4.1   Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
4.2   Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Membaca
5.1   Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.2   Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition 


Menulis
6.1    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.2   Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition

Indikator :
Mendengarkan
-    Merespons ungkapan menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Berbicara
-    Mengungkapkan menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
-    Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Membaca
-    Merespon makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Menulis
-    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition.

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada unit di siswa diharapkan dapat:
-    Merespons ungkapan menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Mengungkapkan menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
-    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan hari dalam teks
     berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Merespon makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition

B.  Materi Pelajaran
Listening    : Responding of expressing Satisfaction and Dissatisfaction
Speaking   : Expressing Satisfaction and Dissatisfaction
Reading     : A report text
Grammar   : The Simple Present Tense
Writing       : Write an Application Letter




C. Alat dan Sumber Belajar :
1.  Alat : -
2.  Sumber belajar : Buku paket dan Grammar in use

D. Strategi Pembelajaran :
1.  Strategi        : Cooperative Learning
2.  Pendekatan : Konsep
3.  Metode        : Kombinasi ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas berserta inkuiri

E. Skenario Pembelajaran :
1.  Kegiatan awal
a.  Apersepsi : Siswa diingatkan tentang teks report yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
     dengan cara yang tepat, bagaimana mengungkapkan tindak tutur tertentu, mengungkapkannya dalam  bahasa lisan dan tertulis
b.  Motivasi : Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa
     dalam memahami teks lisan dan tertulis
2.  Kegiatan inti
a.  Dengan praktik di laboratorium bahasa dan berdiskusi, siswa diajak memahami teks lisan fungsional,   ungkapan sederhana yang melibatkan tindak tutur dan teks fungsional serta genre report
b.  Dengan praktik dan diulas oleh guru siswa mengungkapkan makna bahasa lisan dan tertulis dalam percakapan atau monolog
c.  Dengan berdiskusi siswa diajak memahami dan menjelaskan tentang teks fungsional dan genre tertentu yang dipelajari
d.  Siswa berlatih soal-soal/uji kompetensi
3.  Kegiatan akhir
     a.  Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
     b.  Siswa dan guru melakukan refleksi
     c.  Guru memberikan tugas/PR

F. Penilaian :
1. Teknik/jenis : Kuis dan tugas individu
2. Bentuk : Pertanyaan lisan dan tes tertulis (pilihan ganda atau uraian)
3. Soal/instrumen :
    1. Romi : What do you think of that drama?
        Siti : I ... it. It is very boring.
        a. happy                            c. dislike                                   e. like
        b. cannot complain                         d. very like
    2. Nana : What do you say about the camping plan?
        Izzah : I am satisfied about it. I never do that.
        The bold italicized expression express ....
        a. satisfaction                    c. certainty                                e. possibility
        b. dissatisfaction               d. uncertainty
    3. We can show satisfaction with the following expression, except ....
        a. I am satisfied                 c. I am very pleased                  e. I complain about
        b. I am happy with                         d. I am extremely pleased
    4. Lila : What do you .... of young children working for their parents?
        Vika: In my view, it's good for children working with their parents.
        a. do         b. like               c. approve         d. think                         e. agree
    5. The followings are the expressions of asking opinions; except ....
        a. How do you like ...?       c. How do you feel about ...?      e. How do you do ...?
        b. What do you think of ...?             d. What is your opinion of ...?





Pedoman penskoraan: masing-masing soal jika dijawab benar dengan proses yang benar mendapat skor 10. Jika jawaban belum lengkap skor ditentukan sampai sejauh mana proses dikerjakan. Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 sebagai berikut :

Nilai akhir = Perolehan skor  X 100
                                50




Mengetahui,                                                                                          Depok, …………………….2011
Kepala Sekolah                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Agus, S.P, M.Si                                                                                                Nofi Rusmiyanti, S.Pd









































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran             :  Bahasa Inggris
Kelas/Semeste r           :  XI/1
Materi Pokok                :  Narrative
Pertemuan Ke             :  13  s.d. 18
Alokasi Waktu             :  12 x 45 menit

Standar Kompetensi :
Mendengarkan
1.     Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.     Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
3.     Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.     Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
Membaca
5.     Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Menulis
6.     Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar :
Mendengarkan
1.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutu: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
2.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
2.2   Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Berbicara
3.2   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
4.1   Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
4.2   Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Membaca
5.1   Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.2   Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition


Menulis
6.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari
6.2   Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition.

Indikator :
Mendengarkan
-    Merespons ungkapan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Berbicara
-    Mengungkapkan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Membaca
-    Merespon makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Menulis
-    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada unit di siswa diharapkan dapat:
-    Merespons ungkapan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Mengungkapkan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Merespon makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition

B. Materi Pembelajaran
Listening    : mendengarkan cerita narrative dan mendengarkan respons ungkapan menasehati
Speaking   : Expressing Advice, Story Telling
Reading     : a narrative text
Grammar   : Should and Ought to
Writing       :
• A narrative is a piece of text which tells a story and in doing to entertain or to inform the reader or listener
• Constructing a narrative

C. Alat dan Sumber Belajar :
1.  Alat : -
2.  Sumber belajar : Buku paket dan Grammar in use


D. Strategi Pembelajaran :
1. Strategi         : Cooperative Learning
2. Pendekatan   : Konsep
3. Metode         : Kombinasi ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas berserta inkuiri

 E. Skenario Pembelajaran :
1.  Kegiatan awal
a.  Apersepsi : Siswa diingatkan tentang peristiwa masa lampau atau cerita tentang seseorang, bagaimana
     mengungkapkan tindak tutur tertentu, mengungkapkannya dalam bahasa lisan dan tertulis
b.  Motivasi : Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa
     dalam memahami teks lisan dan tertulis
2.  Kegiatan inti
a.  Dengan praktik di laboratorium bahasa dan berdiskusi, siswa diajak memahami teks lisan fungsional, ungkapansederhana yang melibatkan tindak tutur dan teks fungsional serta genre naratif
b.  Dengan pr aktik dan diulas oleh guru siswa mengungkapkan makna bahasa lisan dan tertulis dalam percakapan atau monolog
c.  Dengan berdiskusi siswa diajak memahami dan menjelaskan tentang teks fungsional dan genre tertentu yang dipelajari
d.  Siswa berlatih soal-soal/uji kompetensi
3.  Kegiatan akhir
a.  Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
b.  Siswa dan guru melakukan refleksi
c.  Guru memberikan tugas/PR

F. Penilaian :
1. Teknik/jenis : Kuis dan tugas individu
2. Bentuk : Pertanyaan lisan dan tes tertulis (pilihan ganda atau uraian)
3. Soal/instrumen :
1. One day kancil ... in the farmers garden.
     a. takes a nap                  c. makes a trick                                     e. steals cucumber
     b. makes a joke               d. tricks the farmer
2.  The farmer has a ....
     a. hen                  b. donkey          c. crocodile                   d. dog e                        .monkey
3. What does Kancil do when the monkey open the cage?
     a. He hits the monkey.
     b. He steps out and runs away to the forest.
     c. He eats the cucumber.
     d. He kicks the monkey.
     e. He asks the monkey to go with him.
4. Angga : Do you think I should go now?
     Yogi : … . The weather is snowy. It's better to stay here tonight.
     a. Cancel it.                     c. Do you agree with me?           e. Let's go!
     b. I don't think so.                        d. We haven't finished yet.
5. Rudi : Should I cancel the meeting?
     Vani : .... You have to stay in the bed for two days.
     a. Cancel it.                     c. Do you agree with me?           e. Let's go!
     b. I don't think so.                        d. We haven't finished yet.





Pedoman penskoraan: masing-masing soal jika di jawab benar dengan proses yang benar mendapat skor 10. Jika jawaban belum lengkap skor ditentukan sampai sejauh mana proses dikerjakan. Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 sebagai berikut :

Nilai akhir = Perolehan skor  X 100
                                50






Mengetahui,                                                                                          Depok, …………………….2011
Kepala Sekolah                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Agus, S.P, M.Si                                                                                                Nofi Rusmiyanti, S.Pd


































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran             :  Bahasa Inggris
Kelas/Semeste r           :  XI/1
Materi Pokok                :  Narrative
Pertemuan Ke             :  19  s.d. 24
Alokasi Waktu             :  12 x 45 menit

Standar Kompetensi :
Mendengarkan
1.     Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.     Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
3.     Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.     Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
Membaca
5.     Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Menulis
6.     Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar :
Mendengarkan
1.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutu: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
2.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
2.2   Me respon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Berbicara
3.2   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
4.1   Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
4.2   Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Membaca
5.1   Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.2   Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition


Menulis
6.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari
6.2   Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition

Indikator :
Mendengarkan
-    Merespons ungkapan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Berbicara
-    Mengungkapkan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Membaca
-    Merespon makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Menulis
-    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada unit di siswa diharapkan dapat:
-    Merespons ungkapan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Mengungkapkan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Merespon makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition

B. Materi Pembelajaran
Listening    : Expressing Warning Someone, Listening to Short Story
Speaking   : Expressing Warning Someone
Reading     : a narrative text
Grammar   : The Past Perfect Tense
Writing       : melengkapi paragraf narrative



C. Alat dan Sumber Belajar :
1.  Alat : -
2.  Sumber belajar : Buku paket dan Grammar in use

D. Strategi Pembelajaran :
1. Strategi         : Cooperative Learning
2. Pendekatan   : Konsep
3. Metode         : Kombinasi ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas berserta inkuiri

E. Skenario Pembelajaran :
1.  Kegiatan awal
a.  Apersepsi : Siswa diingatkan tentang peristiwa masa lampau atau cerita tentang seseorang, bagaimana
     mengungkapkan tindak tutur tertentu, mengungkapkannya dalam bahasa lisan dan tertulis
b.  Motivasi : Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa
     dalam memahami teks lisan dan tertulis
2.  Kegiatan inti
a.  Dengan praktik di laboratorium bahasa dan berdiskusi, siswa diajak memahami teks lisan fungsional, ungkapan sederhana yang melibatkan tindak tutur dan teks fungsional serta genre naratif
b.  Dengan praktik dan diulas oleh guru siswa mengungkapkan makna bahasa lisan dan tertulis dalam percakapan atau monolog
c.  Dengan berdiskusi siswa diajak memahami dan menjelaskan tentang teks fungsional dan genre tertentu yang dipelajari
d.  Siswa berlatih soal-soal/uji kompetensi
3.  Kegiatan akhir
a.  Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
b.  Siswa dan guru melakukan refleksi
c.  Guru memberikan tugas/PR

F. Penilaian :
1. Teknik/jenis : Kuis dan tugas individu
2. Bentuk : Pertanyaan lisan dan tes tertulis (pilihan ganda atau uraian)
3. Soal/instrumen :

1. As soon as the writer and his friend arrived at the beach, they ....
     a. changed into their swimming-trunks                   d. looked for sea shells
     b. went into the water                                           e. ate their lunch
     c. sat down and looked at the sea
2. Why did the writer and his friend take a walk along the shore? Because ....
     a. they wanted to safe the little girl                                    d. the beach was crowded with people
     b. they needed some exercise after lunch               e. they were tired of swimming
     c. they wanted to look for sea shells
3. By mid-afternoon, ....
     a. everyone was lying on the beach
     b. everyone except the little girl was lying on the beach
     c. all the swimmers were lying on the beach
     d. everyone except the little girl, the writer and his friend, was lying on the beach
     e. everyone except the little girl, the writer and his friend and some swimmers, was lying on the beach
4. What was the little girl doing?
     a. Swimming                                                        d. Lying on the beach
     b. Going further and further out into the sea            e. Taking a walk along the shore
     c. Collecting shells
5. Who reached the little girl first?
     a. The writer                                c. Some swimmers                    e. The writer
     b. The girl's parents                      d. Mazlan




Pedoman penskoraan: masing-masing soal jika di jawab benar dengan proses yang benar mendapat skor 10. Jika jawaban belum lengkap skor ditentukan sampai sejauh mana proses dikerjakan. Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 sebagai berikut :

Nilai akhir = Perolehan skor  X 100
                                50





Mengetahui,                                                                                          Depok, …………………….2011
Kepala Sekolah                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Agus, S.P, M.Si                                                                                                Nofi Rusmiyanti, S.Pd



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran             :  Bahasa Inggris
Kelas/Semeste r           :  XI/1
Materi Pokok                :  Analytical-Exposition
Pertemuan Ke             :  25  s.d. 30
Alokasi Waktu             :  12 x 45 menit

Standar Kompetensi :
Mendengarkan
1.     Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.     Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
3.     Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.     Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
Membaca
5.     Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Menulis
6.     Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar :
Mendengarkan
1.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutu: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
2.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
2.2   Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Berbicara
3.2   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
4.1   Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
4.2   Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Membaca
5.1   Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.2   Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition


Menulis
6.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari
6.2   Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition.

Indikator :
Mendengarkan
-    Merespons ungkapan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Berbicara
-    Mengungkapkan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Membaca
-    Merespon makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Menulis
-    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada unit di siswa diharapkan dapat:
-    Merespons ungkapan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Mengungkapkan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Merespon makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition

B. Materi Pembelajaran
Listening    : Expressing Request
Speaking   : Expressing Request
Reading     : An analytical-exposition
Writing       : Writing a text of an analytical-exposition
Grammar   : Verb and Verb Phrase



C. Alat dan Sumber Belajar :
1.  Alat : -
2.  Sumber belajar : Buku paket dan Grammar in use

D.  Strategi Pembelajaran :
1.  Strategi        : Cooperative Learning
2.  Pendekatan  : Konsep
3.  Metode         : Kombinasi ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas berserta inkuiri

E.  Skenario Pembelajaran :
1.  Kegiatan awal
a. Apersepsi : Siswa diingatkan tentang teks report yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
     dengan cara yang tepat, bagaimana mengungkapkan tindak tutur tertentu, mengungkapkannya dalam bahasa lisan dan tertulis
b. Motivasi : Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam
     memahami teks lisan dan tertulis
2.  Kegiatan inti
a.  Dengan praktik di laboratorium bahasa dan berdiskusi, siswa diajak memahami teks lisan fungsional, ungkapans ederhana yang melibatkan tindak tutur dan teks fungsional serta genre analytical exposition
b.  Dengan praktik dan diulas oleh guru siswa mengungkapkan makna bahasa lisan dan tertulis dalam percakapan atau monolog
c.  Dengan berdiskusi siswa diajak memahami dan menjelaskan tentang teks fungsional dan genre analytical exposition yang dipelajari
d.  Siswa berlatih soal-soal/uji kompetensi
3. Kegiatan akhir
a. Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. Guru memberikan tugas/PR

F.  Penilaian :
1.  Teknik/jenis : Kuis dan tugas individu
2.  Bentuk : Pertanyaan lisan dan tes tertulis (pilihan ganda atau uraian)
3.  Soal/instrumen :

1. What is the conversation about?
a. Public places.                          c. Trading.                                             e. Interesting book.
b. A job interview.                        d. Famous places.
2. What university did Ken study?
a. State University.                      c. Boston University.                             e. Cambridge University.
b. Maryland University.                 d. Harvard University.
3.  What course did he take there?
a. B.A. in law.                              c. B.A. in math.                                                 e. B.A. in engineering.
b. B.A. in economics.                   d. B.A. in chemist.
4. How long has he worked there?
a. For the last two years.              c. For the last four years.                       e. For the last six years.
b. For the last three years.            d. For the last five years.
5. What other job has he had? He has worked in a ….
a. post office                                c. factory                                              e. boutique
b. university                                 d. bank








Pedoman penskoraan: masing-masing soal jika di jawab benar dengan proses yang benar mendapat skor 10. Jika jawaban belum lengkap skor ditentukan sampai sejauh mana proses dikerjakan. Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 sebagai berikut :

Nilai akhir = Perolehan skor  X 100
                                50




Mengetahui,                                                                                          Depok, …………………….2011
Kepala Sekolah                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Agus, S.P, M.Si                                                                                                Nofi Rusmiyanti, S.Pd




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran             :  Bahasa Inggris
Kelas/Semeste r           :  XI/1
Materi Pokok                :  Analytical-Exposition
Pertemuan Ke             :  31  s.d. 36
Alokasi Waktu             :  12 x 45 menit

Standar Kompetensi :
Mendengarkan
1.     Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.     Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
3.     Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.     Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
Membaca
5.     Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Menulis
6.     Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar :
Mendengarkan
1.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutu: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
2.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
2.2   Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Berbicara
3.2   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
4.1   Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
4.2   Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Membaca
5.1   Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.2   Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition


Menulis
6.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari
6.2   Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition

Indikator :
Mendengarkan
-    Merespons ungkapan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Berbicara
-    Mengungkapkan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Membaca
-    Merespon makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Menulis
-    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition.

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada unit di siswa diharapkan dapat:
-    Merespons ungkapan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Merespons makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Mengungkapkan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
-    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi
-    Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Merespon makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
-    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek yang menggunakan ragam bahasa tulis
-    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition

B. Materi Pembelajaran
Listening
Speaking   : Expressing feeling of relief, pain, and pleasure
Reading     : Analytical-Exposition
Grammar   : Infinitive of Purpose
Writing       : Writing an Analytical Exposition Text



C.  Alat dan Sumber Belajar :
1.  Alat : -
2.  Sumber belajar : Buku paket dan Grammar in use

D. Strategi Pembelajaran :
1. Strategi         : Cooperative Learning
2. Pendekatan   : Konsep
3. Metode         : Kombinasi ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas berserta inkuiri

E. Skenario Pembelajaran :
1.  Kegiatan awal
a. Apersepsi : Siswa diingatkan tentang teks report yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
dengan cara yang tepat, bagaimana mengungkapkan tindak tutur tertentu, mengungkapkannya dalam bahasa lisan dan tertulis
b.  Motivasi : Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa
dalam memahami teks lisan dan tertulis
2.  Kegiatan inti
a.  Dengan praktik di laboratorium bahasa dan berdiskusi, siswa diajak memahami teks lisan fungsional, ungkapan sederhana yang melibatkan tindak tutur dan teks fungsional serta genre analytical exposition
b.  Dengan praktik dan diulas oleh guru siswa mengungkapkan makna bahasa lisan dan tertulis dalam percakapan atau monolog
c.  Dengan berdiskusi siswa diajak memahami dan menjelaskan tentang teks fungsional dan genre tertentu yang dipelajari
d.  Siswa berlatih soal-soal/uji kompetensi
3.  Kegiatan akhir
a.  Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
b.  Siswa dan guru melakukan refleksi
c.  Guru memberikan tugas/PR

F. Penilaian :
1. Teknik/jenis     : Kuis dan tugas individu
2. Bentuk            : Pertanyaan lisan dan tes tertulis (pilihan ganda atau uraian)
3. Soal/instrumen :

1. Which is the expression of pleasure according to the dialogue?
a. That is a wonderful idea            c. Great                                    e. I love that!
b. I like it                                                 d. Bingo!
2. Which is the expression of relief according to the dialogue?
a. What is a relief!                        c. What a relief!                                     e. It's great!
b. I feel relief!                               d. It's really delightful
3. Which is the expression of pain according to the dialogue?
a. My body is well                        c. My body is sick                     e. My body is fine
b. My body is aching                    d. My body is hurt
4. Andrea : … my finger … Its is bleeding.
Alma : What can I do for you?
Andrea : Well, take the medicine, please?
a. Great!                                      c. What a beautiful!                    e. Ouch!
b. Fantastic!                                d. It's very terrible!
5. Mother : The lost boy finally found.
Father : … .
a. Wow! It's really nice.                d. I am satisfied that I pass on the examination.
b. I'm relieved!                             e. Why not?
c. It’s a good idea!



Pedoman penskoraan: masing-masing soal jika di jawab benar dengan proses yang benar mendapat skor 10. Jika jawaban belum lengkap skor ditentukan sampai sejauh mana proses dikerjakan. Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 sebagai berikut :

Nilai akhir = Perolehan skor  X 100
                                50




Mengetahui,                                                                                          Depok, …………………….2011
Kepala Sekolah                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Agus, S.P, M.Si                                                                                                Nofi Rusmiyanti, S.Pd














































3 komentar:

Unknown mengatakan...

audio untuk listening narrative adalah
. One day kancil ... in the farmers garden.
a. takes a nap c. makes a trick e. steals cucumber
b. makes a joke d. tricks the farmer

2. The farmer has a ....
a. hen b. donkey c. crocodile d. dog e. monkey

3. What does Kancil do when the monkey open the cage?
a. He hits the monkey.
b. He steps out and runs away to the forest.
c. He eats the cucumber.
d. He kicks the monkey.
e. He asks the monkey to go with him.

4. Angga : Do you think I should go now?
Yogi : … . The weather is snowy. It's better to stay here tonight.
a. Cancel it. c. Do you agree with me? e. Let's go!
b. I don't think so. d. We haven't finished yet.

5. Rudi : Should I cancel the meeting?
Vani : .... You have to stay in the bed for two days.
a. Cancel it. c. Do you agree with me? e. Let's go!
b. I don't think so. d. We haven't finished yet.


Anonim mengatakan...

How to Make Money from Playing the Money Online
Money kadangpintar Online is a free way to play the worrione fun of online casino games. It's a great way to learn the ins หาเงินออนไลน์ and outs of playing your favourite casino games.

panphylavalenzano mengatakan...

The casino to open in January 2021 - DrmCD
The casino will add a new tower, hotel and conference area 용인 출장마사지 on a 여수 출장안마 400-acre site with 동두천 출장안마 its new, unused space in The new tower will add a new tower, 광주 출장샵 hotel and conference 서귀포 출장마사지 area

Posting Komentar